Sebuah konsep kemudian terbentuk seperti banyaknya inovasi internet lainnya. Asal mula YouTube berasal dari keinginan seorang kutu buku untuk melihat “boobies”.
Menyadari bahwa platform berbagi video yang mudah digunakan saat ini tidak ada, mereka mulai melakukan tindakan dn pada 14 Februari 2005 nama “Tune In, Hook Up” diubah menjadi “YouTube”.
Pada Oktober 2006 perusahaan Google melemparkan pengaruh internetnya yang besar di balik situs web yang sedang berkembang dan membeli YouTube seharga 1,65 miliar dolar.
Tahun 2007 dengan usaha yang menghasilkan konten berkualitas tinggi, YouTube meluncurkan “YouTube Partner Program” dengan memberikan kesempatan kepada penyedia konten untuk mencapai ketenaran di YouTube. Di tahun yang sama Google memutuskan menambahkan iklan ke kontennya.
Meski banyak yang terganggu dengan perubahan ini, keputusan Google untuk membagi pendapatan yang dihasilkan melalui iklan dengan penyedia kontennya membuka aliran baru yang berkualitas tinggi, konten asli, yang membantu mempertahankan pendengarnya.