Elon Musk belakangan terus dibicarakan setelah mengubah logo Twitter menjadi X putih dengan latar belakang hitam. Semula itu simbol burung biru. Logo burung biru telah menjadi ikon Twitter selama 17 tahun.

Perubahan itu drastis mengubah citra Twitter, karena kata tweet atau cuit bagian integral dari nama perusahaan media sosial itu. Logo Twitter, burung biru sudah menjadi representasi cuitan dari Twitter.

  1. Logo Twitter tahun 2012

    Logo Twitter dirancang pada 2012. Kala itu oleh tim beranggota tiga orang. Salah satu desainer logo Twitter Martin Grasser mengungkapkan, logo twitter dirancang sederhana, dan bisa dibaca dengan ukuran kecil.

    Elon Musk mengubah logo burung biru itu pada Senin, 24 Juli 2023. Di Twitter dia mengunggah gambar X dengan latar belakang bertema luar angkasa. "Kami akan mengucapkan selamat tinggal logo lama Twitter, secara bertahap, semua logo burung.

  2. Ambisi Elon Musk

    Perubahan dilakukan Elon Musk untuk mengubah platform menjadi aplikasi yang bisa mempercepat ambisinya untuk membuat segalanya melalui perubahan nama X.

    Jajak pendapat kepada jutaan pengikutnya untuk bertanya perlu mengubah warna platform yang semula berwarna biru menjadi hitam. Dia telah mengubah nama perusahaan induk Twitter menjadi X Corp.

  3. Obsesi terhadap huruf X

    Obsesi Elon Musk terhadap huruf X memang bukan hal baru. Dia meluncurkan startup AI bernama xAi dan membeli Twitter untuk menjadi salah satu bagian dari timnya dalam membangun X, aplikasi segalanya. Dia juga pendiri SpaceX, mobil Tesla Model X. Ia menamai salah satu anaknya X AE A-XII.

    Pada 2017 silam, Musk juga membeli x.com kembali dari PayPal yang memang pernah didirikan dia sebagai bank online tahun 1999. Itu kemudian berubah menjadi PayPal.

  4. X segalanya

    Kepala Strategi Global di Biro Iklan R/GA Tom Morton menjelaskan, perubahan logo Twitter strategi Elon Musk mewujudkan X aplikasi segalanya. Itu cara Elon Musk menonjolkan diri. “Pergantian nama dan logo Twitter lebih kepada simbol, Twitter milik pribadi Elon Musk,” kata Tom. Meskipun begitu, logo tersebut mendapat reaksi beragam dari para pengguna Twitter. Sebab, istilah tweet selama ini menjadi ciri khas dari postingan atau cuitan di Twitter.

  5. Banyak fitur

    Mantan kepala periklanan di NBC Universal Linda accarino mengatakan, X akan mengerjakan fitur-fitur baru dalam audio, video, perpesanan, pembayaran, sampai perbankan.

    Sejak mengambil alih Twitter dengan harga 4 miliar dolar Amerika, Elon Musk memang membayangkan aplikasi yang menawarkan berbagai layanan, seperti pembayaran peer-to-peer yang mirip aplikasi WeChat di Cina. Perubahan nama Twitter menjadi X menjadi keputusan kontroversial lain dari Elon Musk sejak menjadi pemilik Twitter. 


Tempo.co/Image:REUTERS/Clodagh Kilcoyne

Label:

Posting Komentar

Author Name

Formulir Order

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.